Wisata Seru di Bumi Minangkabau

Petualangan Seru & Mendebarkan di Bumi Minangkabau (I)

Kamis, 3 Mei 2012 – 18:06 wib
Fitri Yulianti – Okezone

 

Arung Jeram Sungai Batang Tarusan (Foto: wisatamelayu)
Arung Jeram Sungai Batang Tarusan (Foto: wisatamelayu)

LIBURAN menjadi sarana pelepas stres yang efektif. Ketika sebagian wisatawan memilih berlibur di tempat tenang sebagian lain justru mencari bentuk wisata pemacu adrenalin.

Bagi Anda penyuka wisata petualangan, Sumatera Barat mempunyai beberapa destinasi seru dan mendebarkan, seperti dilansir buku Informasi Pariwisata Nusantara dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Republik Indonesia.

Arung Jeram Sungai Batang Kuantan

Jika Anda penyuka olahraga yang menantang, Anda dapat mencoba arung jeram di Sungai Batang Kuantan Sawahlunto, Sijunjung. Sungai sepanjang 38 kilometer ini sangat asyik untuk diarungi.

Batu-batu besar yang mendominasi serta arus sungai yang deras dengan kecuraman ekstrem akan menjadi pengalaman menarik yang tidak mudah dilupakan. Jadi, jika berkunjung ke Sumatera Barat, jangan lupa untuk mencoba berarung jeram di sungai ini.
Letak arung jeram Sungai Batang Kuantan terletak sekira 14 kilometer dari Terminal Muaro Sijunjung dengan kendaraan umum.

Paralayang di Puncak Lawang

Puncak Lawang terletak di sekitar Danau Maninjau, Kabupaten Agam. Tempat ini sudah beberapa kali menjadi tuan rumah ajang festival para pilot paralayang untuk beratraksi di udara.

Sambil terbang di udara menggunakan parasut, wisatawan dapat menikmati keindahan Danau Maninjau yang berada di bawah. Pada ketinggian 900 meter di atas permukaan laut, wisatawan dapat melayang bergantung di tali paraglider. Menikmati paralayang di Puncak Lawang menjadi hiburan yang menyenangkan. Selain memacu adrenalin, Anda pun disuguhi pemandangan menawan Danau Maninjau.

Paralayang di Puncak Lawang terletak di Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Untuk akses transportasinya, Padang-Bukittinggi ditempuh selama dua jam dengan mobil. Perjalanan dilanjutkan dari Bukittinggi-Danau Maninjau sekira 40 menit dan Danau Maninjau-Puncak Lawang ditempuh kurang dari 30 menit.

Arung Jeram Sungai Batang Tarusan

Sungai ini terlihat jelas dari jalan lintas Padang-Painan yang berhulu dari Danau Diatas dan memiliki debit air relatif stabil meskipun di musim kemarau. Sungai ini sangat layak diarungi dengan tingkat kesulitan menengah (grade 2+ sampai 3). Namun di musim penghujan, tingkat kesulitannya akan bertambah, mencapai grade 4+.

Pengarungan biasanya dimulai dari Desa Taratak yang terletak sekira 20 menit dari jalan lintas dengan lama pengarungan 2-3 jam. Wisatawan yang telah berpengalaman dapat memulai pengarungan dari daerah hulu yang tentunya mempunyai jeram-jeram lebih menantang dan kemiringan lebih ekstrem.

Karakter sungai daerah hulu yang sempit juga menambah cepatnya arus sungai dan menghadirkan jeram-jeram besar serta turunannya yang dapat menyebabkan perahu terbalik apabila telat bermanuver.

Adrenalin akan dipacu habis-habiskan ketika melewati jeram-jeram Batang Tarusan. Sepanjang pengarungan, wisatawan akan disuguhi pemandangan indah khas perbukitan yang terasa asri dan cukup terjaga kelestariannya.

Hijaunya alam dipadu jernihnya air sungai serta ganasnya jeram tentu akan memberikan kenikmatan tersendiri bagi wisatawan yang menyukai kegiatan petualangan. Transportasi yang lancer ke daeran inipun salah satu faktor pendukung untuk mengembangkan Batang Tarusan sebagai objek wisata petualangan. Perjalanan menuju titik start pengarungan dapat ditempuh selama 1,5-2 jam dari Kota Padang.

(ftr)

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s